Mengenal apa itu foundation dan jenisnya ^^

Halo guys! 
Apa kabar? Semoga kalian semua sehat selalu yaaa. Oke hari ini aku mau ngebahas tentang apa itu foundation, apa fungsi dan jenisnya.

Seperti yang kita ketahui Foundation adalah alas bedak yang memiliki fungsi untuk menutup kekurangan kecil yang mungkin terdapat pada wajah anda, misalnya semacam kerutan, bekas luka, flek atau bintik hitam, jerawat dan bekasnya. 

Dengan memakai foundation, tekstur wajah akan terlihat lebih halus dan meratakan warna yang ada, tentu saja dengan pemilihan warna yang tepat sesuai jenis dan warna kulit kita.

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu foundation dan fungsinya, sekarang aku akan ngasih tahu beberapa jenis foundation, diantaranya :

  • Sheer foundation
    Sheer foundation adalah jenis alas bedak yang mengandung bahan silicon namun mudah diaplikasikan ke wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih bersinar dan bebas minyak.
  • Matte foundationAlas bedak jenis ini tidak mengandung minyak sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak. Foundation jenis ini juga mudah kering sehingga tidak disarankan untuk mengaplikasikan alas bedak ini terlalu tebal pada wajah.
  • Oil-based foundationAlas bedak jenis ini mengandung minyak dan sangat disarankan buat kamu yang memiliki kulit kering.
  • Liquid foundationLiquid foundation terdiri dari dua jenis foundation yang berbahan dasar air dan minyak. Untuk yang berbahan dasar air justru disarankan buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan sensitive karena alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak. Sementara yang berbahan dasar minyak sangat disarankan buat kamu yang memiliki kulit kering atau dehidrasi pada kulit.
  • Creamy foundationAlas bedak jenis ini halus seperti krim dan memiliki kandungan pelembab. Buat kamu yang ingin menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah, foundation ini sangat disarankan. Cream foundation ini juga disarankan buat kamu yang memiliki kulit wajah kering dan normal.
  • Mousse foundationFoundation atau alas bedak ini menyerupai busa dan bisa menutup noda yang tebal pada wajah. Bila digunakan, hasilnya akan lebih natural disbanding dengan alas bedak jenis lainnya. Mousse cocok digunakan untuk segala jenis kulit.
  • Compact foundationBerbeda dengan jenis foundation yang lain, compact fondation adalah gabungan bedak tabur dan foundation dalam satu tempat atau wadah. Biasanya berbentuk seperti bedak yang mudah untuk di aplikasikan di wajah.
  • Two way cakeSama seperti compact foundation, two way cake berbentuk seperti bedak dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Jika dipakai menggunakan spons yang basah, maka akan sama seperti memakai alas bedak cair atau krim cair.
  • Stick foundatioFoundation ini biasanya berbentuk stik dan bisa digunakan untuk menutup segala noda hitam dan flek bekas jerawat yang muncul di wajah. Alas berbentuk stik disarankan buat kamu yang memiliki kulit kering dan normal.
  • Tinted moisturizerAlat bedak ini berfungsi juga sebagai pelembab wajah dengan dominasi warna cokelat dan sesuai dengan semua jenis kulit. Buat kamu yang ingin menambah kesan kulit eksotis pada wajah, foundation ini sangat bagus meski tidak bisa menutup flek atau noda hitam pada wajah.

Nah itulah beberapa jenis foundation yang ada, walaupun seperti yang kita tahu yang biasa dijual ke masyarakat hanya beberapa saja, seperti liquid foundation, creamy foundation, mousse dan stick yang bisa kita lihat di beberapa mall-mall. Dari segi harga pun bermacam-macam, mulai dari harga yang murah sampai harga yang bisa nguras semua isi dompet kamu hehe

Buat aku pribadi sih, foundation itu perlu banget. Pertama untuk coverage, karena aku punya lumayan banyak bekas jerawat huhu. Kedua, untuk melindungi kulit kita dari sinar UV, walau kita udah pakai sunblock tapi kadang aku ngerasa itu saja belum cukup protect untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung, apalagi buat kamu yang sering diluar rumah. Makanya buat aku foundation itu penting hehe

sekian artikel tentang jenis-jenis foundation dan fungsinya, semoga bermanfaat yaaaa. See you ^^

Komentar

Postingan Populer